Total Kunjungan

Selasa, 19 Oktober 2010

Ayam Laga Siantar

Sampai saat ini belum diketahui siapa yang pertama sekali membudidayakan ayam laga di Pematang Siantar.
Saya mengenal seseorang peternak yang sudah membudidayakan ayam laga sejak tahun 1980-an, tetapi mungkin sebelum beliau juga sudah ada yang membudidayakan.

Saya banyak bertanya kepada beliau bagaimana cara membudidayakan ayam laga agar hasilnya sesuai dengan harapan. Beberapa masukan dari beliau adalah memilih calon induk dan calon pemacek dari generasi yang jelas yang artinya generasi Champion, agar turunannya berkualitas.

Beliau memberikan sepasang ayam laga untuk saya budidayakan. Setahun yang lalu saya mulai memelihara ayam tersebut dan saya juga membeli beberapa babon dan pemacek dari penangkar setempat. Tujuan saya adalah untuk melakukan seleksi dan pemurnian ayam laga.

Saya perlu belajar banyak untuk mengenali negara asal ayam laga. Informasi dari beberapa penangkar mengagtakan ada ayam laga bari Birma, Vietnam, Thailand dll. Secara pisik saya belum dapat mengenali ayam-ayam laga tersebut.
Harapan saya, beberapa tahun kedepan Pematang Siantar dapat menghasilkan Ayam Laga yang spesial dan punya ciri tersendiri baik secara pisik, gaya tarung dan mental baja.

Untuk saat ini ada 3 ekor ayam hasil silangan yang dapat saya tampilkan. Hasilnya belum memuaskan, mudah-mudahan pada tahapan permurnian berikut lebih baik.

Semoga para pembaca sudi memberikan masukan agar rencana pemurnian Ayam Laga Siantar dapat berhasil.
 
Bagi para pembaca dan yang memberikan masukan saya ucapkan terima kasih.



3 komentar:

  1. Ayam laganya banyak Bang? ada yang bagus mainnya nggak?

    BalasHapus
  2. horas salam kenal sesama anak siantar

    BalasHapus
  3. alamat disiantar dimana bang. sms kemari ya. 0812 6007 4123
    saya tinggal di Rambung Merah.
    Horas

    BalasHapus